Pengertian dan Jenis jenis pengelolaan kelas maya (virtual class) | mediatech-support

Pengertian dan Jenis Jenis pengelolaan Kelas Maya (Virtual Class)


        Selamat datang sahabat setia mediatech-support, dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang pengertian kelas maya, dan juga jenis jenis pengelolaan kelas maya. apa itu kelas maya ? sebelum membahas lebih jauh lagi, ada baiknya kita juga memahami apa itu kelas maya ? Kelas maya atau disebut juga Virtual class ini merupakan salah satu mata pelajaran Sistem Komunikasi Digital, yang didalamnya membahas tentang kelas maya, kelas maya ini juga seperti struktur proses. 

       Dalam teknologi informasi dan komunikasi, terutama tentang komunikasi, kelas maya ini juga terdapat komponen komponen pendukung, baik itu software, hardware dan yang lainnya. dibawah ini terdapat beberapa pengertian dari kelas maya (kelas maya)

PENGERTIAN KELAS MAYA

         Pengertian disini mempunyai beberapa pengertian :
      Kelas Maya atau yang biasa disebut virtual class merupakan bentuk penerapan tekhnlogi informasi dibidang pendidikan, merupakan perubahan proses belajar mengajar konvensional menjadi bentuk digital.

      Kelas Maya adalah sebuah kelas yang diadakan tanpa adanya tatap muka secara langsung antara pengajar(guru) dan yang menerima bahan ajar (murid). jadi, kelas maya berhubungan langsung dengan internet.

     Kelas maya atau virtual class adalah sebuah lingkungan belajar berbasis web yang :
  • Memanfaatkan tekhnologi informasi dan komunikasi khususnya jejaring pembelajaran sosial budaya (social learing network) untuk pembelajaran dan management kelas.
  • Memuat konten konten digital yang dapat diakses dan dpertukarkan dimana saja, dari mana saja dan kapan saja.
JENIS JENIS PENGELOLAAN KELAS MAYA

       Pengelolaan kelas maya dapat dilakukan dengan berbagai aplikasi antara lain sebagai berikut :
  • Learning Management System (LMS)



    Learning management system adalah suatu perangkat lunak software untuk keperluan administrasi, laporan sebuah kegiatan, kegiatan belajar mengajar, kegiatan secara online (terhubung ke internet), E-learning, dan materi materi pelatihan. semua itu dilakukan dengan online atau terhubung keinternet.
  • Learning Content Management System (LCMS)

            Learning Content Management System adalah aplikasi komputer yang digunakan untuk membuat, memperbaharui, mengelola, atau mempublikasikan isi dalam sebuah sistem yang terorganisir dan konsisten yang bisa diakses dari internet di jejaring lokal atau internet. LCMS berfungsi untuk menyediakan, mengawasi, meperinci dan mempublikasikan dokumen dokumen spesifikasi seperti artikel, manual operator, manual teknis, panduan penjualan dan brosur penjualan.
  • Social Learning Network (SLN)

     Social Learning Network adalah sebuah jejaring sosial untuk pembelajaran yang terjadi pada skala yang lebih luas daripada kelompok belajar. skala sosialnya yang lebih besar, media ini bagi sebagai peserta dapat menyebabkan perubahan sikap dan perilaku.

      Nah sampai disini pembahasan mengenai Kelas maya (virtual class), bagaimana sekarang sudah paham dari pertanyaan yang tadi di berikan, apa itu kelas maya ? semoga artikel ini dapat memberikan masukan dan membantu sahabat.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »