Jenis Jenis jaringan dalam komputer | mediatech-support

Jenis Jenis Jaringan



Jenis Jenis Jaringan
       Selamat datang sahabat setia mediatech-support, apakabar sahabat mediatech-support, pada artikel kali ini saya akan memberikan satu pengetahuan tentang jenis jenis  jaringan, mungkin bagi sebagian orang merasa asing dengan yang namanya jaringan, akan tetapi banyak juga orang yang sudah tidak merasa asing lagi dengan kata jaringan ini, apalagi seorang pelajar sekolah menengah kejuruan yang mengambil jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. mungkin sebuah artikel dibawah bisa membuat sahabat mengetahui jenis jenis jaringan komputer. jenis jenis jaringan komputer memiliki pengertian dan fungsi masing masing, jaringan komputer ini dapat dijangkau dari jarak yang dekat atau local dan juga bisa juga menjangkau dalam area yang sangat jauh bahkan sampai antar dunia. oke langsung saja kita simak dan baca tentang jaringan komputer ini. 


JENIS JENIS JARINGAN
        secara umum jaringan komputer terdiri atas 5 jenis, yaitu :
  • Local Area Network (LAN) 
            Local area network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi didalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran hingga beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer prinbadi atau workstation dalam kantor suatu perushaan atau pabirk pabrik untuk memakai sumber daya (resource) seperti printer secara bersama sama saling bertukar informasi.
    alat alat  yang umum digunakan dalam membangun sebuah jaringan Local area network ini memiliki fungsinya masing masing, alat alat yang umum di gunakan yaitu :
  1. Hub
  2. Switch
  3. Router
  4. Bridge
  5. Repeater
  6. Dll.
  • Metropolitan Area Network (MAN) 
           Metropollitan Area Network (MAN) merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan tekhnologi yang sama dengan LAN. MAN ini juga merupakan pengembangan dari LAN, yang dapat mencakup kantor kantor perusahaan yang yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaaatkan untuk kepentingan pribadi (swasta) atau umum. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
  • Wide Area Network (WAN)
             Wide Area Network (WAN) memiliki jangkauan yang mencakup daerah geografis yang luas. WAN mampu melingkupi sebuah negara bahkan benua. Jenis jaringan ini terdiri dari kumpulan mesin mesin yang bertujuan untuk menjalankan program program (aplikasi) pemakai. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
  • Internet
         Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komunikasi yang menggunakan media elektronik, yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan"). 
        sebenarnya terdapat banyak jaringan komputer di dunia ini. Sering kali jaringan jaringan tersebut menggunakan perangkat lunak dan perangkat keras yang berbeda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang juga terhubung ke suatu jaringan lain. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

  • Wireless (Jaringan tanpa kabel)
           Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya, seseorang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada didalam mobil atau pesawat terbang mutlak memerlukan jaringan tanpa kabel, karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat didalam mobil atau pesawat.
     Jaringan tanpa kabel ini digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih tinggi dibandingkan dengan jaringan menggunakan kabel. dan memiliki fungsi, fungsi dari wireless  menghubungkan satu sistem komputer dengan sistem yang lain dengan menggunakan beberapa macam media transmisi tanpa kabel, seperti: gelombang radio, gelombang mikro, maupun cahaya infra merah.
  • Intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya.
             Fungsi Intranet pada Jaringan Komputer :
Ketika kita berbicara tentang fungsi intranet, maka yang pasti fungsi dari intranet sendiri yaitu untuk menghubungkan berbagai macam komputer dalam sebuah sekolah, kampus maupun perusahaan.

Kelebihan Intranet :
1.
Memudahkan kerja sama yang baik antar pegawai dalam berkomunikasi
2. 
Membantu mengidentifikasi yang dibutuhkan 
3. 
Memudahkan proses pekerjaan dalam sebuah kampus, sekolah ataupun perusahaan
4. Digunakan secara bersamaan

Kekurangan Intranet :
1. Tingkat keamanannya masih lemah
2. Bisa terjadi eror karena digunakan secara bersamaan
3. Hanya bisa digunakan di area tertentu

       Mungkin sampai disini saja penjelasan tentang jaringan komputer ini, baca juga artikel yang lain, agar tidak ketinggalan. semoga dapat membantu dalam pembelajaran mengenai hal hal dalam jaringan komputer.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »