Tutorial membuat blog bagi pemula | mediatech-support

  Tutorial Membuat Blogger bagi pemula 

  Tutorial Membuat Blogger bagi pemula
       Selamat datang sahabat mediatech-support, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat blogger bagi pemula atau pengguna baru, sebelum kita melanjutkan dalam langkah langkah membuat blogger baru bagi pemula, ada baiknya sahabat mengetahui apa itu blog ? bagaimana cara menggunakannya ? dalam teknologi informasi dan komunikasi, terutama dalam teknologi informasi, karena hal ini berkaitan dengan artikel yang akan saya bahas. 

  Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. artinya kita mempunyai situs web yang membahas tentang sesuatu, dan pengguna internet sedang mencari sesuatu yang sedang kita bahas, otomatis pengguna internet dapat membaca apa yang kita tulis dalam sebuah web kita, isi dari web inilah harus sesuai dengan kenyataan.
     
      bagaimana sahabat mediatech-support, apakah sudah mengetahui dan memahami tentang blogger ? jika sudah memahaminya kita akan lanjut dalam pembuatan blogger baru. bagaimana cara membuat blogger bagi pemula ? tentunya mediatech-support sudah menyiapkan langkah langkah bagaimana cara membuat blogger.

Langkah langkah membuat blog :

1. Buka situs Blogger, sahabat 
       Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, kemudian klik buat blog--> untuk membuat blog baru
   Tutorial Membuat Blogger bagi pemula


2. lalu, Masukkan alamat gmail anda, jika sahabat sudah mempunyai akun google, sahabat ketikkan emailnya. nah bagaimana jika belum punya akun google, apakah masih bisa membuatnya ? tentunya bisa, caranya sahabat membuat akun google baru untuk bisa melanjutkan dalam pembuatan blogger. link untuk membuat akun google baru  Setelah itu, Pilih BERIKUTNYA



  Tutorial Membuat Blogger bagi pemula


3. Kemudian masukkan password akun gmail anda dengan benar, lalu pilih BERIKUTNYA.


  Tutorial Membuat Blogger bagi pemula


4. Lalu, Anda akan bisa memilih menggunakan profile Google+ atau profile blogger biasa. saya menyarankan sebaiknya menggunakan profile google+ saja, kemudian pilih --> Buat profile Google+



  Tutorial Membuat Blogger bagi pemula


5. Isilah formulir yang tersedia di halaman selanjutnya, disini saya mencoba membuat akun google dengan menggunakan nama untuk Google + dengan nama "Technology and informatika" jika sudah klik --> Buat profile


  Tutorial Membuat Blogger bagi pemula


6. Pada tahap ini anda bisa menambahkan foto profil anda. Anda bisa menambahkan atau mengganti foto profil nanti, jadi pilih Lewati.

  Tutorial Membuat Blogger bagi pemula


7. Profil Google+ anda sudah berhasil dibuat. Setelah itu, pilih Lanjutkan ke Blogger.


  Tutorial Membuat Blogger bagi pemula

8. Untuk membuat blog baru, klik --> BUAT BLOG BARULebih jelasnya, anda bisa melihat gambar dibawah ini.


  Tutorial Membuat Blogger bagi pemula

9. nanti akan muncul tampilan seperti berikut ini. Silakan isi sesuai petunjuk nomor dibawah ini : judul : nama blog ,dan untuk alamat gunakan alamat blog anda, pastikan alamat blog anda terdapat tulisan di sampingnya, "Alamat blog ini tersedia" jika tidak tersedial, cobalah ganti dengan alamat yang lain.


  Tutorial Membuat Blogger bagi pemula
Keterangan : 
  • Nomor 1 : Isi dengan judul blog baru anda, misal Blog Seputar Ilmu Tekhnologi
  • Nomor 2 : Isi dengan alamat url pada blog anda, misal ilmutekhnologi.blogspot.com atau cukup mengetikkan ilmutekhnologi saja, nanti secara otomatis alamat blognya menjadi ilmutekhnologi.blogspot.com . Jika ada tanda centang disampingnya berarti alamat blog tersebut tersedi, apabila tanda seru maka alamat blog tidak tersedia.
  • Nomor 3 : Pilih tema yang anda sukai untuk blog baru anda.
    10. Setelah itu klik --> Buat blog !

    11. Selamat blog anda telah berhasil dibuat, adapun menu menu pada blog : 


      Tutorial Membuat Blogger bagi pemula
    • Postingan: menampilkan semua postingan yang terdapat pada blog anda, pos yang sudah diterbitkan dan yang masih berbentuk draft. Dalam menu ini, anda juga bisa menghapus beberapa pos sekaligus dengan cepat.
    • Statistik: menampilkan informasi statistika pada blog anda, seperti jumlah penayangan hari ini, kemarin, dan bulan lalu. Selain itu, pada menu ini juga menampilkan informasi mengenai bagaimana pengunjung menemukan blog anda dan lain sebagainya.
    • Komentar: menampilkan komentar yang telah diterbitkan, komentar yang masih menunggu moderasi, dan komentar yang tergolong spam.
    • Kampanye: menampilkan menu seputar Adwords. Anda bisa mempromosikan blog anda dengan Adwords ini, tetapi tentu saja ini tidak gratis.
    • Laman: menampilkan jumlah laman yang terdapat pada blog anda, laman yang masih berbentuk draft, dan laman yang sudah diterbitkan.
    • Tata Letak : disini anda bisa kustomisasi tampilan atau menambahkan widget (gadget) pada blog anda.
    • Tema : menampilkan pengaturan pada template atau tema blog anda. Untuk mengedit, mengganti template blog anda, dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini.
    • Setelan : menampilkan pengaturan lanjutan pada blog anda, seperti pengaturan dasar, pos dan komentar dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini.
    • Daftar Bacaan : menampilkan postingan terbaru dari blog-blog yang anda ikuti.
    • Bantuan : menampilkan beberapa artikel bantuan mengenai bagaimana cara menggunakan blog di Blogger.

      Sekian tutorial membuat blog, selamat mencoba dan semoga membantu sahabat dalam membuatnya, jika ada masalah kenapa tidak bisa membuat, sertakan alasannya di komentar.

    Share this

    Related Posts

    Previous
    Next Post »