Kelebihan dan Kekurangan komunikasi audio pada komunikasi data | mediatech-support

Kelebihan dan Kelemahan Komunikasi Audio pada Komunikasi Data lengkap

     
Kelebihan dan Kelemahan Komunikasi Audio pada Komunikasi Data lengkap

      
        Selamat datang sahabat setia mediatech-support, kali ini saya akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan komunikasi audio pada komunikasi data lengkap, sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita harus memahami apa itu komunikasi audio ? apa itu komunikasi data  ? apabila sudah memahami dan mengetahuinya maka kita beranjak pada kelebihan dan kekurangan komunikasi audio pada komunikasi data.
      
     Dalam teknologi informasi dan komunikasi, terutama pada komunikasi, karena artikel yang akan saya bahas berkaitan dengan komunikasi, banyak para pengguna internet yang dapat berkomunikasi baik itu secara langsung dan tidak langsung, komunikasi terdapat banyak dan yang akan saya bahas pada artikel kali ini saya akan membahas tentang membahas komunikasi audio pada komunikasi data.
  
     Mungkin sahabat semua sudah tidak asing lagi mendengar kata komunikasi, karena pada zaman sekarang sudah banyak orang yang menggunakan komunikasi dimanapun dan kapanpun, baik itu komunikasi satu arah, dua arah. dibawah ini merupakan pengertian dari komunikasi. 

     komunikasi berasal dari bahasa inggris "Communication", secara etimologi berasal dari bahasa latin yaitu "Communis" yang memiliki arti yaitu "berbagi" sedangkan data berasal dari kata "Datum" yang berarti materi atau kumpulan fakta yang di pakai untuk keperluan suatu penelitian.

     Komunikasi data adalah suatu proses yang terdiri dari pengiriman dan penerimaan informasi atau data dari dua atau lebih perangkat (device).

      Komunikasi Audio Adalah Sebuah komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan lambang verbal atau bahasa yang disampaikan secara lisan.


Kelebihan Komunikasi Audio pada Komunikasi Data

  1. Dapat mengirim data dalam jumlah yang besar tanpa ada kesalahan pada tempat yang lain.
  2. Harganya relatif Murah
  3. Dapat merangsang aktif pendengaran siswa serta dapat mengembangkan daya imajinasi seperti menulis, menggambar dan lain-lain melalui  suara.
  4. Mempermudah untuk mengelola dan mengatur data yang ada dalam berbagai macam sistem komputer.
  5. Mendapatkan data langsung dari sumbernya.
  6. Mengurangi waktu untuk pengolahan data
  7. dapat digunakan dengan alat perekam radio sehingga dapat diputar kembali apa yang sudah di rekam. 
Kelemahan Komunikasi Audio Pada Komunikasi Data
  1. Faktor manusia (brainware) merupakan perancang, pencipta sekaligus pengguna sistem. Faktor manusia juga merupakan faktor yang sangat dominan dan menentukan  lancar atau tidaknya sistem.
  2. Kecepatan data terbatas tergantung pada besar data yang dikirimkan.
  3. Memerlukan suatu pemusatan pengertian pada suatu pengalaman yang tetap dan tertentu, sehingga pengertiannya harus didapat dengan cara belajar yang khusus.
  4. Penampilan melalui ungkapan perasaan atau simbol analog lainnya dalam bentuk suara harus disertai dengan perbendaharaan pengalaman analog tersebut pada si penerima.
  5. tidak dapat bertatap muka langsung.
  6. terkadang suara yang di keluarkan berbeda dengan suara asli.
Contoh komunikasi audio 

  • Telepon 
  • Radio
  • Tape Recorder
Perangkat komunikasi audio pada komunikasi data :
  • Audio Controller 
  • Audio CODEC
  • Mikropon & Speaker 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »